Breaking News

4 Langkah Renovasi di Rumah Langganan Banjir

Banjir memang sebuah bencana yang menyebalkan. Apalagi jika rumah Anda yang tergenang. Hal ini karena sebenarnya banjir bisa dicegah dengan beberapa cara agar tidak masuk ke rumah Anda. beberapa cara untuk mengatasi banjir di rumah di antaranya adalah dengan meninggikan bangunan, membuat lubang biopori, mengeruk tanah, hingga membangun sumur resapan di rumah.



Hanya saja, meskipun seluruh cara tersebut sudah dilakukan, masih saja banjir datang dan mengenangi rumah Anda. hal ini dikarenakan kawasan rumah Anda memang kawasan langganan banjir. Hal ini tentunya banyak menimpa beberapa rumah dijual di Jakarta Selatan juga beberapa kawasan lain, yang menjadikan harga rumah menjadi turun. Cara di atas terbukti kurang efektif untuk diaplikasikan di rumah rumah yang memang berada di daerah langganan banjir.

Untuk itu, Anda perlu mencoba beberapa langkah merenovasi rumah untuk mencegah banjir menggenangi rumah Anda. Langkah ini dapat mengurangi dampak hujan juga banjir yang bisa merusak rumah Anda.

Tinggikan Stop Kontak
Banjir sangat berbahaya bagi para penghuni rumah. terutama jika air banjir menggenangi rumah dan juga menutupi aliran listrik seperti stop kontak. Kecelakaan dan kematian karena banjir tinggi karena banyak yang meninggal akibat dari tersengat aliran listrik dari stop kontak. Maka dari itu, cobalah untuk meninggikan stop kontak di rumah Anda. dengan begitu, saat air masuk, kondisi rumah tetap aman dari aliran listrik yang bisa menjalar lewat air. Tinggi 1,5 meter cukup untuk stop kontak Anda.

Ganti Kusen Jendela
Kusen jendela biasanya dibuat dari bahan kayu. Sementara kayu sendiri tidak terlalu kuat akan lingkungan lembab, apalagi di kawasan langganan banjir. Maka dari itu, gantilah kusen jendela dengan menggunakan UPCVC atau bahan plastik yang kuat. Bahan ini tidak memiliki sifat lentur dan latis seperti plastik kebanyakan sehingga menjadikannya kuat. Bahan ini juga cenderung mudah dibersihkan.

Gunakan Saluran Air Satu Arah
Saluran air satu arah atau katup satu arah penting digunakan untuk rumah langganan banjir. Dengan begitu, aliran air akan keluar dari satu arah dan tidak bisa kembali. Dengan begitu, air banjir akan menjadi lebih mudah untuk surut.

Keramik di Lantai Dasar
Gunakan ubin keramik di lantai dasar. Hal ini agar lantai tidak mudah rusak jika rumah digenangi air banjir. Menggunakan lantai kayu atau parket di rumah di kawasan banjir adalah kesalahan besar.

Tidak ada komentar