Breaking News

Model Rumah Yang Cocok Untuk Daerah Yang Memiliki Suhu Tinggi

Sirkulasi cahaya dan udara yang cukup merupakan salah satu syarat agar sebuah rumah dikatakan layak huni. Pencahayaan yang cukup serta udara yang bergerak bebas akan sangat mempengaruhi keadaan di dalam rumah. Rumah yang tidak mendapat cahaya matahari cukup dan tidak memiliki fentilasi udara yang baik akan terasa lebih sempit dan pengap. Maka dari itu kedua hal tersebut menjadi salah satu syarat yang harus kta penuhi ketika akan membangun rumah.
Apalagi untuk daerah- daerah yang memliki suhu tinggi. Indonesia sendiri termasuk negara yang beriklim tropis, sehingga memiliki suhu udara yang cukup tinggi. Suhu yang tinggi sebenarnya dapat kita manfaatkan untuk membangun tropical house. Tropical house merupakan sebutan untuk rumah- rumah model tertentu yang terletak di daerah- daerah tropis. Seperti rumah dijual di Jakarta

Suhu yang tinggi serta cahaya matahari yang melimpah sebenarnya dapat kita manfaatkan untuk memaksimalkan fungsi rumah kita. Rumah- rumah di daerah panas biasanya memiliki desain yang sedikit berbeda. Walaupun suhu udara yang tinggi dapat diatasi dengan penggunaan mesin pendingin, tetapi tetap saja rumah- rumah yang dibangun di daerah panas sebaiknya dibuat dengan atap yang tinggi. Tujuannya sudah pasti, yaitu agar udara dapat bebas bergerak.
Kebutuhan akan banyaknya fentilasi udara dapat disiasati dengan membuat lubang- lubang di bagian tertentu dinding rumah Anda. Selain itu, agar rumah tidak terlihat gersang, maka kita harus memaksimalkan ruang terbuka di rumah kita. Misalnya dengan mendesain kamar tidur yang langsung menghadap ke halaman agar mendapat kesan sejuk. Rumah- rumah di daerah panas juga bisanya memiliki jendela yang ukurannya cukup besar. Selain menambah nilai keindahan rumah tersebut, juga dapat membuat angin masuk secara bebas.
Kita juga dapat membuat kolam kecil di rumah atau di sisi rumah tertentu untuk meredam suhu panas secara alami. Limpahan cahaya matahari yang masuk secara langsung ke rumah kita juga bisa kita jadikan sumber penerangan utama yang alami pada siang hari. Karena penggunaan lampu di siang hari selain boros listrik juga kurang baik bagi kesehatan penghuni rumah. Ternyata iklim yang kurang bersahabat juga tidak selamanya merugikan jika kita bisa memanfaatkannya.

Tidak ada komentar